Minggu, 11 Januari 2015

Hasil Tes Sidik Jari

Hasil Tes Sidik Jari Faza, Anakku


Setelah menunggu delapan tahun usia pernikahanku, Alhamdulilah akhirnya aku dikaruniai Allah SWT momongan. Yang pertama lahir adalah Faza, sekarang 3 tahun, dan kemudian disusul adiknya Naura, 20 bulan.

Ketika Faza kutitipkan di penitipan, dia agak pendiam, tapi lama-lama dia bisa bergaul juga dengan temannya. Dan Alhamdulilah ada nilai plus nya aku menitipkannya di penitipan ketika usianya waktu itu 2,5 tahun (setelah berdebat dengan neneknya, yang merasa keberatan Faza dititipkan, maunya neneknya Faza di rumah saja dengan neneknya) yaitu, dia jadi doyan makan, awalnya, waduuhhh, susah sekali menyuruhnya makan, bahkan kalau sudah di dalam mulut tidak jarang dia muntahkan lagi. Sehingga dampaknya bisa dilihat, badannya lumayan gemuk, dalam arti berat badannya sesuai dengan standar BB anak seusia dia.

Menginjak play group, dia kupindahkan ke RA plus yang dikelola adikku, RA Plus, TAAT Ben Alim di Desa Bendosari, Kec. Sanankulon, Kab. Blitar. Menurutku itu adalah sekolah TK recommended. Bukan karena adikku pengelolanya, karena selama ini lulusannya selalu diterima di Sekolah terbaik atau yg diinginkan anak maupun orang tua. Di sana dia butuh penyesuaian, kadang-kadang masih suka teringat Bu Mida, gurunya di sekolah lama dan ingin kembali ke sekolah lama.

Alhamdulilah perkembangan Faza di sekolah baru lumayan bagus. Meskipun kata Bu Gurunya kalau bertengkar dengan temannya tidak jarang dia mengeluarkan jurus 'Ultraman', biasa anak-anak paling suka lihat tayangan TV yang berkaitan dengan pahlawan superhero.

Setelah sekian lama, aku penasaran dengan kemampuannya. Begitu ada penawaran tes sidik jari dari sekolah, aku langsung mengiyakan.

Begitu melihat hasilnya, aku manggut-manggut, jadi seperti ini to karakter anakku yang satu ini.

Hasil Pemindaian Sidik Jari

Otak kiri : 51,4 %
Otak kanan : 48,6 %

Gaya Belajar :  Kinestetic Movement
Lebih menyukai belajar dengan gerak tubuh, ekspresi, dll

Tipe Kecerdasan : Naturalis
Kemampuan mengenali flora dan fauna, serta fenomenanya

Dominasi Kinerja Otak : Belahan Otak KIRI
Berpikir logis, rasional, obyektif, analitik, faktual, struktural

Cara Berpikir : Practical
Memakai landasan logika dalam menyelesaikan suatu permasalahan, lebih obyektif dan faktual, rasional, belajar dengan mendalam

Proses Bernalar : Fleksibel
Berubah-ubah, kurang fokus, emosional

Karakteristik Kepribadian
Kelebihan : tenang, obyektif, diplomatis, efisien, kalem dan teratur
Kekurangan : cenderung butuh dorongan, suka menunda, kurang tegas, pesimistis, cepat khawatir

Potensi Bakat : Mekanikal
Bakat tentang prinsip-prinsip umum IPA, tata kerja mesin, perkakas dan alat-alat lainnya.

Respon Tindakan : Tinggi
Cepat, tanggap, berani mengambil resiko, kurang memperhatikan detail, terburu-buru.

Respon Berpikir : Cepat
Mudah tertarik hal-hal baru, cepat jenuh, sulit fokus untuk waktu yang lama

Respon Pergaulan 
Cenderung kaku, keras kepala, sukar menerima pendapat orang lain.


Aku tidak tahu seberapa akurat finger test itu, tapi setidaknya aku telah mendapat gambaran, harus seperti apa cara mengembangkan kemampuan anakku. Tapi untuk beberapa hal memang sudah terlihat, seperti respon pergaulannya dan respon tindakan. Semoga aku dan keluarga dapat membimbingnya menjadi anak sholeh, bermanfaat bagi diri, keluarga, agama, bangsa dan negaranya. Tak lupa harus diimbangi dengan doa yang tak pernah putus-putusnya karena masa depan bangsa ini ada di tangan anak-anak kita.

11 komentar:

  1. TFS ya say, kayaknya perlu juga ya tes sidik jadi untuk anak kita. Kita jadi tahu bagaimana kemampuan anak kita sesungguhnya. Dengan begitu kita akan mendidik dan membimbingnya sesuai kemampuan anak...

    BalasHapus
  2. iya Mb, pernah baca nggak Mb, tingkat keakuratannya seperti apa, apakah seiring perkembangan usia, akan berubah hasil tesnya. Kok kebanyakan pas usia dini, apa memang lebih akurat ketika anak masih kecil? Udah pernah test kan anak juga Mb?

    BalasHapus
  3. iyaa finger test gatau akurat apa engga , soalnya kita gatau sih kan anaknya juga masih kecil :)

    BalasHapus
  4. Mantab juga itu mba si Kecil. Semoga bisa menjadi anak yang sholeh dan jadi generasi yang membanggakan. :)

    Tutorial Jilbab Wisuda | Android Gaming Terbaru | Rumah Gadget | Hijab Tutorial

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. jaman makin maju ya... sekarang dari sidik jari saja sudah dapat terdeteksi semuanya hehe

    Informasi kesehatan terlengkap

    BalasHapus